Mustika Combong Pager Gunung


Mustika ini bentuknya sangat unk langka dan juga super sekali,Combong Pager Gunung atau Rajanya Batu Pelet.Batu Mustika ini penuh arti dan makna Gunungan merupakan simbol kehidupan,
Gunungan dilihat dari segi bentuk segi lima, mempunyai makna bahwa segi lima itu lima waktu yang harus dilakukan oleh agama adapun bentuk gunungan meruncing ke atas itu melambangkan bahwa manusia hidup ini menuju yang di atas yaitu Allah SWT.

Sedangkan dari filosofi bentuk adalah :
  • Bentuk gunungan sendiri menyerupai serambi bilik kiri yang ada di dalam tubuh kita, itu mungkin mempunyai makna kalau kita harus menjaga apapun yang ada di dalam hati kita hanya kepada sang pencipta. Dan yang lebih hebat lagi adalah dari segi bentuk yang persisi dengan “mustoko” di atas masjid yang ada banyak di negara kita. itu perlambang dari sipembuat untuk kita supaya menjaga hati kita secar lurus (seperti pohon) kepada masjid/agama/tuhan.
  • Gunungan bisa diartikan lambang Pancer, yaitu jiwa atau sukma, sedang bentuknya yang segitiga mengandung arti bahwa manusia terdiri dari unsure cipta, rasa dan karsa. Sedangkan lambang gambar segi empat lambing sedulur papat dari anasir tanah, api , air, udara.
  • Gunungan atau kayon merupakan lambang alam bagi wayang, menurut kepercayaan hindu, secara makrokosmos gunungan yang sedang diputar-putar oleh sang dalang, menggambarkan proses bercampurnya benda-benda untuk menjadi satu dan terwujudlah alam beserta isinya. Benda-benda tersebut dinamakan Panca Maha Bhuta, lima zat yakni: Banu (sinar-udara-setan), Bani (Brahma-api), Banyu (air), Bayu (angin), dan Bantala (bumi-tanah).

Jawa memang menyimpan berbagai macam budaya yang beragam dan menyimpan berbagai makna yang terkandung dalam setiap itemnya, bahkan secara tidak  kita sadari sesuatu yang kita pegang sekarangpun itu juga mengandung makna filosofis yang sangat besar jika kita mau mangkaji lebih dalam.

Dengan Uraian di atas saya sedikit banyak mengetahui tantang apa makna filosofis dari gunungan yang terdapat dalam pewayangan. Dari segi bentuk maupun nilai yang terkandung dalam wayang dan dari gambar yang ada di dalamnya.

Mahar Untuk Mustika yang satu ini memang cukup Mahal,Namun hal itu sesuai dengan kondisi dan keistimewaan Mustika ini,Mustika ini mungkin cuma ada satu ini saja,Dan Mustika ini sangat cocok di pakai oleh siapa saja khususnya bagi anda yang berprofesi sebagai Dalang.

Tuah dalam Mustika ini tidak akan saya kupas karena dari uraian di atas sudah bisa di simpulkan kegunaannya secara menyeluruh.Mustika ini merupakan Mustika kesayangan guru kami dan beliau dulu dapatkan mustika ini sangat susah dan lama sekali prosesenya.

Bila anda berminat silahkan segera hubungi kami
No Hp ; 085 200 555 000 ( Kang Noer )
Mahar Ihklas ; Rp.11.555.000,-SUDAH TERJUAL